Rabu, 12 Juni 2013

Wisata Di Kota Yogyakarta Semarak Dengan Gebyar Pasar Tradisional

Melakukan wisata di Kota Yogyakarta akan semakin semarak dengan diselenggarakannya acara menarik dalam menyambut HUT ke-66 Pemkot Yogya. Akan ada Kirab Gebyar Pasar Tradisional di Yogyakarta dengan menjual banyak barang jualan pasar yang murah dan menarik.

Acara ini akan dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) di Kota Yogyakarta. Kirab ini akan diikuti sebanyak ribuan orang yang berasala dari 49 paguyuban pedagang pasar di Kota Yogyakarta. Acara ini akan dimulai pada pukul 13.30 WIB melalui Pasar Beringharjo hingga ke depan Rumah Dinas Walikota Yogyakarta di Jl Ipda Tut Harsono Timoho, Yogyakarta.


Semua paguyuban pedagang memiliki beragam jenis oleh-oleh atau persembahan pada Walikota Haryadi Suyuti. Bukan hanya buah-buah atau sayur-sayuran, namun akan ada pedagang pakaian, suvenir dan bingkisan menarik untuk Pemkot Yogyakarta.

Para pedagang menggunakan beragam jenis kendaraan, ada juga yang berjalan kaki atau memakai kereta kuda, andong. Untuk membawa sayuran, buah-buah dan aneka suvenir akan digunakan kendaraaan roda empat.

Para pedagang akan naik ke panggung yang menjadi tempat Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan istri Tri Kirana Muslidatun yang menunggu persembahan. Yang paling menarik yaitu pedagang Pasar Tela Karangkajen akan membawa hasil ketela pohon dan beraneka ragam jenis makanan dengan bahan dari bahan ketela.

Untuk paguyuban Pasar Pathuk akan membawa makanan seperti Bakpia Pathuk. Mereka juga akan memberikan atraksi kesenian Barongsai. Gunungan tersebut biasanya akan ada beragam jenis dagangan yang pastinya akan diperebutkan warga Yogyakarta. Gebyar Pasar Tradisional di Yogyakarta ini adalah agenda tahunan yang akan diselenggarakan oleh Dinlopas Kota Yogyakarta.

Suyana selaku Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Yogyakarta mengatakan sudah tiga kali melaksanakan acara menarik ini. Tujuannya yaitu agar para pedagang pasar tradisional dan wisata di Kota Yogyakarta tetap laris dan dikenal.


Dalam acara Gebyar Pasar Tradisional di Yogyakarta ini para panitia akan memberikan banyak undian berhadiah untuk para pengunjung yang berbelanja di pasar. " Ini supaya pasar semakin menarik pengunjung senada dengan motto kami atine resik, rejekine apik (hatinya bersih rejekinya juga baik-red), " pungkas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar