Senin, 24 Juni 2013

World's Ocean Day Ajak Para Wisatawan Jaga Ekosistem Alam Bawah Laut

Hiu merupakan jenis hewan yang disukai para penyelam saat melakukan wisata bawah laut. Dalam rangka memperingati World's Ocean Day, acara ini akan mengajak para penyelam untuk ikut melindungi hiu di Indonesia. Ajang ini akan digunakan untuk memperlihatkan keindahan lautan di dunia.

Selain untuk mengenal dan melihat keindahan, World's Ocean Day  juga akan dijadikan kegiatan wisata bawah laut untuk menjaga biota dan keseimbangan ekosistem alam bawah laut, termasuk hiu. Acara ini sudah tiga kali diselenggarakan yang akan mengikut sertakan Amalla Vesta, Dayu Hatmanti, Gemala Hanafiah dan Riyanni Djangkaru.


Hiu bukan hewan yang sangat menyeramkan. Bahkan banyak yang mendekati hewan ini hanya untuk mengambil keuntungan dan memanfaatkannya, seperti berburu sirip Hiu dan merusak alam bawah laut. Makah melindungi Hiu sangat utama dan hal pertama yang dapat dilakukan yaitu melindungi alam bawah laut.

Dayu Hatmanti yang merupakan Miss Scuba International 2011 akan mengajar di Kapal Pendidikan Kalabia di Raja Ampat. Kalabia merupakan satu satu kapal pendidikan lingkungan yang dipakai oleh anak-anak di Raja Ampat.

" Anak-anak dengan umut 9 atau 10 tahun akan diajari mengenai terumbu karang dan bagaimana menjaganya. Kalabia yakin, anak-anak di pesisir ini sangat dekat dengan laut dan mereka adalah orang yang berperan penting dalam menjaganya, " ujar Dayu.

Pinneng yang sudah lama menjadi fotografer underwater dalam sebuah majalah selam di Indonesia juga menceritakan pengalamannya. Pendapatnya, hiu adalah hewan yang tidak seganas yang dipikirkan oleh manusia. Selama menyelam, dirinya tidak pernah merasakan bahaya di dekat hewan yang disebut-sebut buas tersebut.


Graham Hills yang menjadi Managing Director Wego Indonesia menginginkan acara World's Ocean Day ini dapat berjalan dengan baik serta menambah kecintaan para wisatawan yang suka dengan wisata bawah laut dan hiu. Kehadiran para diver yang baik dan terkenal ini sangat mendukung dalam menjadikan pecinta selam lebih menghargai alam bawah laut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar